Saat ini popularitas sepeda di ibukota sudah setara dengan popularitas android dan bahkan lebih. Banyak kalangan mulai dari politisi sampai dengan kalangan bawah menyukai hobi yang satu ini karena harganya yang terjangkau. Mulai sepeda berharga ratusan ribu sampai yang berharga puluhan, ratusan juta bahkan miliaran rupiah ada di dunia ini.
Adanya peraturan daerah yang menerapkan kawasan bebas asap kendaraan bermotor di kawasan sudirman dan rasuna said juga seakan memberi dukungan bagi hobi ini. Klub sepeda juga di kantor-kantor banyak terbentuk dengan kegiatan rutin touring didalamnya.
Mempertimbangkan itu semua, sayangnya penulis belum bisa tergugah untuk menggeluti hobi yang satu ini lebih dikarenakan karena fasilitas yang ada sangat kurang dari memadai. Misalnya jalur atau jalan untuk sepeda di jalan raya. Faktor keselamatan dan kenyamanan dipertaruhkan dalam hal ini.
Mungkin jika transportasi massal seperti subway dan MRT sudah tersedia di negeri ini dan pajak kendaraan bermotor sudah selangit dan sudah tidak tersedianya lahan parkir, mungkin saat itu juga penulis akan memulai hobi yang satu ini tapi tidak dalam waktu dekat ini.
Ada beberapa jenis sepeda berdasarkan peruntukannya:
Sepeda Fixi untuk bergaya
Sepeda Gunung (Montain Bike) untuk menjelajah daerah terjal
Sepeda Jalan Raya (Road Bike) untuk trek halus
Ada beberapa jenis sepeda berdasarkan peruntukannya:
Sepeda Fixi untuk bergaya
Sepeda Gunung (Montain Bike) untuk menjelajah daerah terjal
Sepeda Jalan Raya (Road Bike) untuk trek halus
Seandainya sarana dan prasarana sepeda di negeri ini seperti di negeri Sakura sana, mungkin banyak orang yang akan beralih pada alat transportasi ini yang manfaatnya bisa dirasakan untuk diri sendiri dan bumi kita ini.
0 komentar:
Posting Komentar
Silakan tinggalkan pesan dan kesan anda dengan tetap menjaga kesopanan (no-spam please)